Wix banner with logo without text_1x_edi

Frequently Asked Questions

Pengguna Baru Finku

Tentang Finku


Finku merupakan aplikasi manajemen keuangan pribadi yang membantu mengelola dan memantau semua transaksi keuangan kamu secara otomatis. Finku menyediakan berbagai insight dan rekomendasi personal sesuai historis keuanganmu untuk membantu mencapai target keuangan kamu.




Misi Finku


Finku bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi finansial di Indonesia dengan melatih masyarakat membuat keputusan keuangan yang lebih baik dalam mencapai tujuan finansialnya.




Keamanan data dan privasi akun finansial saya


Data pribadi dan kepercayaanmu adalah prioritas utama tim Finku. Maka dari itu, Finku sudah menangani isu keamanan dengan serius melalui :

  1. Telah terdaftar dan diawasi oleh KOMINFO (Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia) atas nama PT. Sahabat Finansial Kamu

  2. Menggunakan sistem enkripsi 256-AES yang setara dengan sekuriti keamanan bank dunia lainnya

Baca lebih lanjut mengenai sistem keamanan Finku di laman ini.

Semoga penjelasan ini menjawab keraguan kamu ya!! :)




Apakah Finku terdaftar di OJK?


Tidak. Karena Finku hanya memiliki akses BACA terhadap historis transaksi keuangan akun finansialmu dan tidak menyediakan jasa transaksi secara langsung untuk saat ini.




Apakah bisa melakukan pembayaran lewat Finku?


Belum. Fitur melakukan pembayaran belum tersedia di Finku saat ini. Tapi, kalau ada fitur lainyang kamu inginkan untuk tersedia di Finku, silahkan beri feedback kamu di sini.




Akun bank apa saja yang bisa saya hubungkan ke Finku?


Untuk sekarang, kamu baru bisa menghubungkan nama-nama bank yang ada di bawah ini secara otomatis dengan Finku. Jangan lupa cek layanan e-banking yang bisa terhubung ya!

Kalau ada akun bank yang ingin saya hubungkan tapi tidak terdaftar bagaimana?

Jangan khawatir, Finku akan terus menambahkan jumlah bank yang akan terintegrasi kok!




Akun investasi apa saja yang bisa saya hubungkan ke Finku?


Untuk sekarang kamu sudah bisa menghubungkan akun-akun berikut ini secara otomatis ya!

  1. Ajaib

  2. Bareksa

  3. IPOT

  4. Stockbit

Gimana kalau akun investasi yang ingin saya hubungkan ga ada? Tenang! Karena Finku akan mengintergrasi lebih banyak akun investasi kok untuk kedepannya!




Akun e-wallet apa saja yang bisa saya hubungkan ke Finku ?


Untuk sekarang kamu sudah bisa menghubungkan akun-akun berikut ini secara otomatis ya!

  1. Shopee-pay

  2. OVO

  3. Jenius

Gimana kalau akun e-wallet yang ingin saya hubungkan ga ada? Tenang! Karena Finku akan mengintergrasi lebih banyak akun investasi kok untuk kedepannya!




Berapa banyak akun yang bisa saya hubungkan dengan Finku?


Tenang! Kamu bisa menghubungkan sebanyak-banyaknya akun bank yang kamu miliki dengan Finku secara GRATIS! Selama bank tersebut sudah terintegrasi dengan Finku.

Finku akan terus mengoptimalkan performa layanan kami dengan menyediakan lebih banyak lembaga bank lainnya.




Apakah saya bisa memutuskan akun bank/e-wallet/investasi yang telah terintegrasi dengan Finku?


Iya. Kamu bisa memutuskan bank yang telah kamu integrasikan dengan Finku mengiikuti langkah-langkah ini :

  1. Cek semua akun bank kamu yang terhubung dengan Finku di

  2. Pilih akun bank yang ingin kamu hapus dari aplikasi Finku lalu klik ‘Hapus’ seperti tampilan dibawah ini :

  3. Jika sudah yakin akan memutuskan akunmu dari Finku, jangan lupa ketik Hapus’ sebagai bentuk konfirmasi ya!

Semua yang ada di Finku dimudahkan kok! Jangan ragu buat download yah! ^_^




Saya mau menambahkan pengeluaran/pemasukan/transfer yang saya lakukan secara manual bisa ga ya?


Bisa banget dong! Kamu bisa dengan mudah menambahkan transaksi manual kamu dengan cari ini :

  1. Di home , klik simbol ‘+’

  2. Jika ‘Tambah baru’ sudah terlihat, pilih ‘Transaksi’

  3. Pilih jenis transaksi keuangan yang kamu lakukan (pengeluaran/ pemasukan/ transfer) > masukan jenis akun yang digunakan saat transaksi > selanjutnya pilih kategori akun (cash/e-wallet/bank) > masukan jumlah pengeluaran/ pemasukan kamu > tambah 'Transaksi manual'.

Semoga penjelasannya cukup jelas ya!




Apakah saya bisa menambahkan akun bank/e-wallet/investasi secara manual?


Mau nambahin akun secara manual? Bisa banget kok! Tinggal ikutin langkah dibawah ini ya!

  1. Di home , klik simbol ‘+’

  2. Jika ‘Tambah baru’ sudah terlihat, pilih ‘Akun finansial’

  3. Masukan jenis akun yang digunakan saat transaksi > selanjutnya pilih kategori akun (cash/ e-wallet/bank) > masukan jumlah saldo terbaru kamu > tambah 'Akun manual'

Yuk tambah akun kamu sekarang, untuk ngatur keuangan uang lebih pintar!





Pengguna Finku

Cara mengubah PIN


Pin akun digunakan sebelum kamu masuk aplikasi Finku, supaya semua historis transasksi kamu bisa lebih aman!

Kalau mau mengubah pin akunmu, ikutin langkah dibawah ini ya :

  1. Buat email ke customer.experience@finku.id

  2. Untuk alasan keamanan, pastikan kamu mengirim email yang terdaftar di Finku ya

  3. Tulis ‘[Email terdaftar]_Permohonan Ganti Pin’ pada bagian subjek email

  4. Sertakan data-data ini pada bagian isi email :

    • Nama lengkap

    • Nomor HP / email yang terdaftar

    • Alasan ingin mengganti pin

Jangan khawatir! Pin lamamu tidak akan bisa digunakan oleh Tim Finku atau pihak lainnya untuk login karena dibutuhkan email yang terdaftar! Kalau semua prosedur diatas udah dilakuin, tinggal tunggu balasan dari tim Finku untuk membantu meriset pin akunmu!




Reset/ lupa password


Ga bisa masuk karena lupa password? Ikutin langkah-langkah ini ya:

  1. Buka profil kamu di kanan atas layar dan pilih untuk keluar.

  2. Saat kembali berada di halaman 'Login', klik 'Lupa password'.

  3. Jika saat klik lupa 'password' tidak bisa, silakan kirim keluhan kamu ke customer.experience@finku.id. Dengan mengikuti format berikut :

    • Tulis ‘[Email terdaftar]_Penggantian Password’ pada bagian subjek email

    • Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email :

      • Nama lengkap

      • Nomor HP terdaftar

      • Alamat email yang terdaftar

      • Alasan ingin mengganti password

Semoga penjelasannya membantu kamu ya!




Saya sudah mencoba menghubungkan akun secara otomatis, tapi kenapa masih ga bisa ya?


Kalau kamu selalu gagal saat mencoba menghubungkan akun bank kamu, coba cek beberapa hal ini deh :

  1. Coba cek apakah rekening bank yang ingin kamu hubungkan masuk ke dalam daftar bank yang telah terintegrasi dengan Finku

  2. Pastikan username dan password e-banking yang kamu masukan sesuai dengan list ini:

    Jadi kalau kamu mau menghubungkan bank BNI dengan Finku, pastikan kembali akun yang kamu gunakan merupakan akun Internet Banking BNI kamu yah!
  3. Jika kamu sudah memastikan 2 langkah diatas, dan masih tidak bisa, coba cek akun yang kamu gunakan dengan institusi terkait ya!

  4. Atau kamu juga bisa mengecek koneksi internet kamu. Biasanya butuh waktu 45 detik untuk membuat akunmu terhubung.

Kalau sudah mengecek semua hal diatas tapi masih mengalami gangguan,

silakan hubungi layanan bantan Finku di : customer.experience@finku.id /WA : 087828691514. Untuk kemudahan sahabat Finku dan memastikan keamanan, silakan gunakan format email dibawah ya!

  1. Tulis ‘[Email terdaftar]_Gagal Hubungkan Akun’ pada bagian subjek email

  2. Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email :

    • Nama lengkap

    • Nomor HP terdaftar

    • Alamat email terdaftar

    • Rekening terdaftar

    • Jenis e-banking

    • Keluhan

Semoga informasinya membantu :D




Kenapa data saya tidak muncul padahal akun sudah berhasil terhubung secara otomatis?


Akun kamu sudah terhubung tapi historis transaksi keuangannya ga kebaca? Coba cek beberapa hal ini ya sahabat Finku :

  1. Cek kembali koneksi internet kamu, lalu coba muat ulang laman aplikasi

  2. Cek kembali layanan e-banking yang kamu hubungkan apakah mengalami perubahan username atau password

Jika sudah dicek dan ternyata tidak ada perubahan, silahkan hubungi layanan bantuan kami di : customer.experience@finku.id / WA : 087828691514. Untuk kemudahan sahabat Finku dan memastikan keamanan, silakan gunakan format email dibawah ya!

  1. Tulis ‘[Email terdaftar]_Data Transaksi Tidak Ada’ pada bagian subjek email

  2. Untuk alasan keamanan, sertakan data-data ini pada bagian isi email :

    • Nama lengkap

    • Nomor HP terdaftar

    • Alamat email terdaftar

    • Rekening terdaftar

    • Jenis e-banking

    • Keluhan

Setelah keluhanmu masuk, Tim Finku akan membantu menghapus akunmu terlebih dahulu sebelum kamu mencoba pembuatan akun Finku kembali. Semoga informasinya membantu :D





Pertanyaan lainnya

Apa yang dimaksud dengan Pemasukan?


Pemasukan merupakan total semua uang masuk yang kamu terima di semua akun finansialmu.




Apa yang dimaksud dengan Pengeluaran?


Pengeluaran merupakan total yang kamu keluarkan dari semua akun finansialmu, termasuk tagihan yang sudah kamu bayarkan.




Apa yang dimaksud dengan Tagihan Mendatang?


Tagihan mendatang merupakan total tagihan yang belum kamu bayarkan. Jika sudah kamu bayarkan, akan masuk ke dalam Pengeluaran.




Bagaimana cara menghitung Estimasi Ditabung?


Estimasi Ditabung dapat dihitung dengan cara: Total Pemasukan – Total Pengeluaran – Sisa Budget
*Sisa Budget bisa dihitung dengan cara: Total Budget – Total Budget terpakai




Bagaimana cara menghitung Total Aset?


Total Aset dapat dihitung dengan cara: Total Tabungan + Total Investasi – Hutang




Apa yang dimaksud dengan Total Tabungan?


Total Tabungan merupakan semua aset liquid yang kamu miliki di semua akun finansial kamu.




Apa yang dimaksud dengan Total Investasi?


Total Investasi merupakan semua aset investasi (baik saham, reksadana, dll) yang kamu miliki di semua akun finansial kamu.




Apa yang dimaksud dengan Total Hutang?


Total Hutang adalah semua hutang tunaimu yang belum kamu bayarkan seperti cicilan atau hutang pada teman.




Bagaimana cara menghitung Total Hutang?


Total Hutang dapat dihitung dengan cara: Total Hutang + Total pembayaran langganan berikutnya *Total pembayaran langganan berikutnya adalah pembayaran langganan kamu setiap bulannya seperti Netflix atau subscription Adobe.