Yuk, kenal cryptocurrency lebih baik lagi!


Kamu pernah nggak ngerasa kayak lagi diawasi sama pemerintah, bank dan perusahaan konglomerat? Nah, keinginan untuk lari dari situasi ini adalah janji utama dari crypto pertama, Bitcoin. Mata uang yang anonymous, dikelola oleh para netizen crypto dan nggak ada yang kontrol.


Image Source

Apa itu cryptocurrency?

Dikutip dari investopedia, cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital yang dijamin oleh cryptography. Mata uang digital ini bisa digunakan untuk transaksi virtual lewat internet. Kripto punya kode rahasia yang lumayan rumit karena berfungsi untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digitalmu. Berbeda dari mata uang konvensional yang sifatnya terpusat, mata uang digital sifatnya ter-desentralisasi. Selain itu, nggak ada pihak ketiga yang berperan jadi perantara dalam transaksi. Pembayaran dengan cryptocurrency langsung antara pengirim dan penerima atau peer-to-peer.


Kenapa ya cryptocurrency hype banget? Kira-kira kita harus peduli nggak ya sama crypto?

Alasan utama kenapa orang-orang heboh banget soal crypto (selain faktor FOMO pastinya) itu karena cryptocurrency udah terbukti punya store of value yang oke banget! Kalian semua pasti lihatkan gimana harga Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) meroket selama pandemi. Dari sini kita bisa lihat, memegang cryptocurrency saat situasi finansial yang nggak menentu ternyata bisa jadi keputusan yang cukup tepat. Selain itu, penggunaan cryptocurrency di kehidupan kita sehari-hari sekarang juga naik secara signifikan. Bisnis di seluruh dunia udah mulai terima pembayaran secara crypto. Banyaknya pemakaian cryptocurrency di sekitar kita ini jadi salah satu faktor penting kenapa kita harus mulai peduli dengan cryptocurrency.


Selain dipakai sebagai alat transaksi, cryptocurrency juga punya poin-poin penting yang wajib diacungi jempol lho! Cryptocurrency beneran bisa ngurangin terjadinya penipuan, gara-gara sistem decentralised ledger, nggak ada lagi deh titik sentral dimana penipu bisa lakuin fraud scheme! Satu lagi nih, karena semua transaksi yang tercatat di blockchain itu informasi publik yang bisa dilihat oleh semua orang, ada potensi cryptocurrency untuk ngatasin beberapa masalah korupsi.


Kelebihan dan kekurangan cryptocurrency

Salah satu kelebihan dari cryptocurrency, kamu sebagai crypto investor punya kesempatan buat dapetin keuntungan yang gede banget! Contohnya, kalau kamu beli Bitcoin di tahun 2016 dan kamu jual di tahun 2021, kamu bisa dapet keuntungan sebesar 131.5%. Selain itu, transaksi menggunakan cryptocurrency juga nggak ngelewatin pihak ketiga kayak bank, jadi pengguna nggak kena biaya proses. Ditambah lagi, proses pembayaran pakai cryptocurrency itu lebih cepat, aman, dan mudah.


Wah, kalau lihat kelebihannya cryptocurrency jadi pengen cepet-cepet investasi di crypto deh!


Eits, tapi sebelum kamu invest di cryptocurrency ada beberapa kekurangan yang harus kamu tau. Walaupun crypto bisa kasih kamu profit yang fantastis, sifat volatil cryptocurrency bisa juga nyebabin kerugian drastis dalam sekejap. Terus, ada beberapa negara juga yang melarang penggunaan cryptocurrency, salah satunya Indonesia. Diakhir 2017, Bank Indonesia ngumumin kalau penggunaan cryptocurrency sebagai alat transaksi dilarang. Terakhir, sering banget orang lupa sama password wallet mereka, alhasil mereka nggak bisa mengakses cryptocurrency yang mereka punya selamanya. Aduh, sayang banget ya!


Jadi, apakah kamu harus investasi di crypto?

Kalau kamu berani ambil resiko dan mau ningkatin diversifikasi portofolio kamu, ya nggak ada salahnya. Secara historis, crypto itu mirip Bitcoin yang hampir nggak pernah nunjukin korelasi harga dengan pasar saham AS. Eits, tapi kamu juga harus inget ya resiko dari investasi crypto!


Ditulis Oleh: Joanna Jacob, Phoebe Abigaille, Steffani Siliwan

22 views0 comments

Recent Posts

See All