Search

Sudahkah Kita Mengelola Keuangan dengan Baik? Berikut Tips Mengetahuinya!

Updated: Jun 1

Yakin bahwa kamu sudah mengelola keuangan dengan baik? Yuk, simak dan checklist ulasan tips-tips berikut untuk mengetahui apakah kamu pengelola keuangan yang baik!



mengelola keuangan
Source: unspalsh.com

Tips #1 Membuat Anggaran Keuangan

Pernahkah kamu merasa gaji Anda hampir habis meski masih di pertengahan bulan? Atau apakah kamu mendapat kesan bahwa gaji kamu hanya melewatimu? Jika ini masalahnya, itu mungkin hanya karena kontrol anggaran keuangan yang buruk.


Anggaran keuangan adalah perincian komprehensif dari pengeluaran yang kamu keluarkan pada bulan tertentu. Anggaran keuangan dapat digunakan untuk memantau kemana perginya uang kamu. Di dalam anggaran keuangan, kamu akan mengkategorikan pengeluaran dan menyusun jumlah pengeluaran yang diinginkan untuk setiap kategori.


Alih-alih melihat anggaran bulanan ini sebagai hal yang buruk, anggap itu sebagai sumber daya yang akan membantu kamu berkembang secara finansial.


Tips #2 Membuat Catatan Keuangan

Tentunya banyak faktor yang dibutuhkan untuk memiliki manajemen keuangan yang efektif dan benar, yang akan membantu perkembangan kemandirian finansial di masa depan. Membuat catatan keuangan adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan.


Catatan keuangan berfungsi untuk mencatat aktivitas keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan. Lewat catatan keuangan, kamu bisa merekap jumlah pendapatan, merincikan pengeluaran setiap bulan, membatasi pengeluaran belanja bulanan, dan menyisihkan dana untuk nantinya dikembangkan.


Tips #3 Menerapkan Skala Prioritas dalam Pengelolaan Keuangan

Skala prioritas adalah klasifikasi kebutuhan berdasarkan derajat kepentingannya dan harus didahulukan. Alasan utama penggunaan skala prioritas di bidang keuangan adalah untuk menghindari gaya hidup konsumtif. Skala prioritas juga membantu menghindari pengeluaran yang berlebihan. Menggunakan skala prioritas yang tepat sebenarnya akan membantu kamu mempersiapkan masa depan.


Di dalam skala prioritas, baiknya kamu mengurutkan prioritas dari kepentingan, periode, lalu jumlahnya uang setelah mencatat semua kebutuhan yang ada. Kamu juga harus mengutamakan kebutuhan yang menyangkut orang banyak. Terakhir, masukkan juga pos-pos tabunganmu.


Tips #4 Memiliki Rencana Keuangan

Perencanaan keuangan adalah metode pencapaian tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan yang direncanakan, menurut Perencana Keuangan Bersertifikat, Badan Standar Perencanaan Keuangan Indonesia.


Manfaat perencanaan keuangan akan terasa ketika keputusan keuanganmu memiliki "arah dan akal". Kamu dapat memahami bagaimana setiap keputusan keuangan yang kamu buat mempengaruhi aspek lain dari situasi keuangan kamu secara keseluruhan dengan menggunakan manajemen keuangan. Kamu akan memahami dampak jangka pendek dan jangka panjang pada tujuan hidupmu dengan mempertimbangkan setiap keputusan keuangan sebagai bagian dari keseluruhan. Karena prioritasmu berada di jalur yang benar, kamu dapat merespons perubahan hidup dengan lebih mudah dan merasa lebih aman.


Dengan aplikasi Finku, tips-tips di atas dapat diselesaikan dengan mudah. Yuk, daftar untuk mendapatkan versi beta untuk aplikasi Finku di bagian bawah home page kami finku.id!


Dari empat tips yang telah disebutkan, berapa tips yang paling mencerminkan pengelolaan keuanganmu? Atau ada topik terkait keuangan lainnya yang kamu belum begitu pahami dan mau kami ulas? Komen di bawah!


16 views0 comments

Recent Posts

See All

Yuk, kita hindari keterlambatan pembayaran tagihan

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut biar ga telat bayar tagihan: Bayar auto debit: mendaftarkan kartu debit tagihan kita di bank tempat kita menabung atau di bank dimana kita mempunyai kartu kredit Bu