Search

Pasar NFT meroket, haruskah kamu juga ikutan?

Kalo kamu baca blog ini, kemungkinan besar kamu pernah denger tentang NFT dari beberapa bulan yang lalu. Kamu tau The Weekend, Paris Hilton, Steve Aoki, dan Luna Maya? Mereka semua dan banyak public figure lainnya lagi aktif di pasar NFT lho! Trend seputar NFT nyata banget dan inilah yang jadi salah satu alasan kenapa Ethereum meroket selama beberapa bulan terakhir ini.

Image Source


Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari non-fungible token, atau gampangnya ini adalah token yang unik dan nggak bisa dipertukarkan! Token ini mirip dengan Bitcoin, bedanya di Bitcoin kamu bisa perdagangkan dan punya banyak hal yang sama antara uang nyata dengan nilai pasar yang bervariasi, sedangkan tiap NFT itu unik. NFT punya banyak fungsi untuk transaksi, misalnya, kamu bisa transaksi karya seni, musik, atau bahkan rekaman live concert pakai NFT. Token ini bisa nandain kepemilikan kamu terhadap sesuatu dan bisa kamu perdagangkan, tapi kalo dijual kamu bakal kehilangan hak milik itu.


Kalian semua pasti tau Nyan Cat kan? Itu loh gif kucing lucu berbadan PopTarts yang ninggalin jejak pelangi. Di akhir Februari 2021 meme Nyan Cat ini dijual seharga 300 ETH atau sekitar $590,000! Mungkin kalian bingung apa sih maskudnya beli internet meme macem Nyan Cat gini? Jadi, si pembeli ini mempunyai 'license' yang mengizinkannya untuk menggunakan Nyan Cat untuk keperluan pribadi.

Nah, kelebihan dan keunikan NFT ini lah yang bikin harga Ethereum (ETH) naik hampir tiga kali lipat dari $730,90 ke $3,293.30 dalam waktu. 7 bulan aja. Artinya Ether itu sebenernya udah ngalahin performa BTC untuk tahun 2021 lho!


Kenapa semua orang berlomba lomba mau beli NFT?

Sebenarnya sih nggak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Tapi, banyak yang bilang tren ini juga dikarenakan “Fear Of Missing Out (FOMO)”. Banyak investor dan ritel investor takut kehilangan kesempatan untuk menjadi salah satu orang pertama yang membeli NFT yang paling dicari di dunia. Contohnya, Jack Dorsey, CEO Twitter, menjual tweet pertamanya di Twitter seharga $2,9 juta. Individu yang membeli NFT ini berharap untuk menjualnya dengan harga lebih tinggi atau menyimpannya sebagai koleksi.


Haruskah kamu juga ikutan beli NFT?

Walaupun nggak ada yang bisa prediksi masa depan, ada benefitnya kamu jual - beli NFT sekarang sebelum nilainya meledak. Seperti Bitcoin yang 10 tahun lalu harganya cuma satu sen, sekarang telah jadi salah satu aset digital yang paling diminati di dunia lho! Itu lah salah satu contoh positif kalo kamu berani ngambil resiko. Tapi bukan berarti jual - beli NFT terjamin ya, kamu harus tetap hati-hati apalagi kalo harganya lagi tinggi, karena tren pasti akan selalu berganti dan ini bisa jadi hanya bagian dari gelembung.


Ditulis Oleh: Joanna Jacob, Phoebe Abigaille, Steffani Siliwan


34 views0 comments

Recent Posts

See All