Search

Ketahuilah Hal-Hal ini Sebelum Beli Saham Agar Tidak Menyesal!


Photo by energepic.com from Pexels


Semenjak tahun 2020, lebih banyak orang telah memulai belajar investasi saham. Banyak dari kami yang ingin memulai belajar dan investasi saham tapi tidak tahu mulai dimana! Bacalah blog ini untuk mengerti hal-hal yang kamu harus ketahui saat anda ingin membeli saham di perusahaan.


Saham Individu vs Indeks

Seketika kami mau mulai investasi di saham, banyak orang yang menyarankan kami untuk investasi di indeks seperti IHSG. Saat kamu investasi di indeks saham, kamu otomatis investasi dalam sekumpulan saham berdasarkan kriteria indeks itu. Pernah dengar quote “Jangan menaruh telur di keranjang yang sama”? Itulah prinsip dengan indeks saham!


Banyak tipe indeks saham di Indonesia. Yang paling terketahui adalah Indeks Harga Saham Gabung (IHSG). IHSG adalah kumpulan semua saham yang tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia. Ada juga IDX High Dividend 20, kumpulan semua saham yang membagi dividen tunai selama 3 tahun lalu yang cukup tinggi! Bahkan ada indeks saham syariah, seperti Jakarta Islamic Index!


Riset dan Mengertikan Perusahaan Saham

Jika ingin beli saham individu, harus jauh lebih hati-hati daripada indeks! Kalau kamu tidak riset dan mengertikan saham yang kamu beli, akan resiko sanget besar untuk kamu karena kamu tidak akan mengerti kenapa saham itu harganya naik dan turun, dan akan bingung untuk jual atau beli! Kamu harus ikuti berita sektor saham dan memahami produk saham itu, agar kamu ngerti pergerakan harga saham dan tahu waktu optimal untuk jual atau beli!


Rasio Keuangan Saham

Rasio keuangan saham bisa memberi tahu kita banyak info tentang saham itu. Misalkan, Earnings per Share (Laba Bersih/Jumlah Lembar Saham) atau EPS memberitahu kami laba saham per lembar. Price to Earnings (Harga Lembar Saham/EPS) memberitahu kami harga saham ini berapa kali pendapat bersih dalam satu tahun. Rasio-rasio tersebut bisa sangat beda tergantung industri!



25 views0 comments

Recent Posts

See All

Yuk, kita hindari keterlambatan pembayaran tagihan

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut biar ga telat bayar tagihan: Bayar auto debit: mendaftarkan kartu debit tagihan kita di bank tempat kita menabung atau di bank dimana kita mempunyai kartu kredit Bu