Search

KENALAN DENGAN FINTECH, YUK!

Pernah nggak kamu menggunakan ovo, gopay atau aplikasi sejenis lainnya? Nah, kamu udah tau belum kalau aplikasi tersebut termasuk ke dalam kategori Fintech, loh!


fintech
Source: pexels.com

APA ITU FINTECH?

Fintech atau Financial Technology adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan dengan cara melakukan inovasi melalui teknologi modern. Fintech bertujuan untuk membantu proses jual beli yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce. Dengan menyederhanakan pembayaran, Fintech dapat mempermudah transaksi pengguna e-commerce.


Perusahaan Fintech biasanya diawali dengan perusahaan baru atau rintisan (start-up). Dalam perkembangan saat ini, Fintech sudah mulai melakukan berbagai inovasi dan terobosan agar dapat melayani perusahaan dan individu secara umum. Hal ini menyebabkan adanya pergeseran pada tujuan Fintech yang tidak hanya sedekar membantu proses transaksi jual beli, tetapi sudah membantu proses transaksi secara umum.


Dilansir dari Sikapiuangmu OJK, beberapa jenis-jenis FinTech yang sedang berkembang dan memberikan solusi finansial bagi masyarakat Indonesia diantaranya adalah:



1. Crowdfunding

Crowdfunding atau penggalangan dana merupakan salah satu model FinTech yang sedang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan adanya teknologi ini, masyarakat dapat menggalang dana atau berdonasi untuk suatu inisiatif atau program sosial yang mereka pedulikan. Salah satu contohnya adalah penggalangan dana untuk membangun Pesawat R80 yang didesain oleh Bapak BJ Habibie. Contoh start-up FinTech dengan model crowdfunding yang kini tengah populer di Indonesia adalah KitaBisa.com.


2. Microfinancing

Microfinancing adalah salah satu layanan FinTech yang menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membantu kehidupan dan keuangan mereka sehari-hari. Karena masyarakat dari golongan ekonomi ini kebanyakan tidak memiliki akses ke institusi perbankan, maka mereka pun mengalami kesulitan untuk memperoleh modal usaha guna mengembangkan usaha atau mata pencaharian mereka. Microfinancing berusaha menjembatani permasalahan tersebut dengan menyalurkan secara langsung modal usaha dari pemberi pinjaman kepada calon peminjam. Sistem bisnis dirancang agar return bernilai kompetitif bagi pemberi pinjaman, namun tetap attainable bagi peminjamnya. Salah satu start-up yang bergerak dalam bidang microfinancing ini adalah Amartha yang menghubungkan pengusaha mikro di pedesaan dengan pemodal secara online.


3. P2P Lending Service

Jenis ini lebih dikenal sebagai FinTech untuk peminjaman uang. FinTech ini membantu masyarakat yang membutuhkan akses keuangan untuk memenuhi kebutuhan. Dengan FinTech ini, konsumen dapat meminjam uang dengan lebih mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup tanpa harus melalui proses berbelit-belit yang sering ditemui di bank konvensional. Salah satu contoh dari FinTech yang bergerak dalam bidang peminjaman uang ini adalah AwanTunai, sebuah start-up yang memberikan fasilitas cicilan digital dengan aman dan mudah.


4. Market Comparison

Melalui FinTech ini, masyarakat dapat membandingkan macam-macam produk keuangan dari berbagai penyedia jasa keuangan. FinTech juga dapat berfungsi sebagai perencana finansial. Dengan bantuan FinTech, penggunanya dapat mendapatkan beberapa pilihan investasi untuk kebutuhan di masa depan.


5. Digital Payment System

FinTech ini bergerak di bidang penyediaan layanan berupa pembayaran semua tagihan seperti pulsa & pascabayar, kartu kredit, atau token listrik PLN. Salah satu contoh FinTech yang bergerak dalam digital payment system ini adalah Payfazz yang berbasis keagenan untuk membantu masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tidak memiliki akses ke bank, untuk melakukan pembayaran berbagai macam tagihan setiap bulannya.

Nah, menurutmu Finku termasuk ke dalam Fintech jenis apa nih?



KENALAN DENGAN FINKU

Finku merupakan salah satu startup Fintech di Indonesia yang termasuk ke dalam jenis market comparison. Hal ini dikarenakan Finku dapat mengelola keuangan, memberikan arahan, serta membantumu dalam mencapai berbagai target finansialmu. Selain itu, Finku juga bisa menyambungkan berbagai akun e-banking, e-wallet, dan investasi kamu sehingga kamu bisa melakukan pengecekan secara terintegrasi.


Kamu bisa nyobain dan dapetin aplikasi Finku melalui link ini dan rasain berbagai manfaatnya!



Baca juga: Sudahkah Kita Mengelola Keuangan dengan Baik? Berikut Tips Mengetahuinya!


40 views0 comments

Recent Posts

See All

Yuk, kita hindari keterlambatan pembayaran tagihan

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut biar ga telat bayar tagihan: Bayar auto debit: mendaftarkan kartu debit tagihan kita di bank tempat kita menabung atau di bank dimana kita mempunyai kartu kredit Bu