Jangan Lakuin Kesalahan Ini! Yuk Belajar Atur Keuangan dari K-drama Squid Game!


K-drama Squid Game yang baru-baru ini tayang di Netflix lagi mencuri perhatian banyak orang nih! Buat yang belum tau, drama ini bercerita tentang 456 orang yang punya masalah keuangan berkumpul dan main survival game misterius dengan total hadiah 45.6 miliar Won (±Rp550 miliar). Kamu tau nggak? Kebanyakan orang tuh baru nyadar pentingnya ngatur keuangan saat semuanya udah terlambat, termasuk di drama ini. Kita coba liat 2 peserta yang ikutan game ini yuk!👇


Seong Gi Hun (No.456)

Seong Gi Hun dipecat dari pekerjaan dan hidupnya hancur. Nggak punya uang, cerai sama istri, pisah sama anak yang dia sayangi, tinggal menumpang di rumah ibu, dan hidup juga bergantung dari uang ibunya. Ngeliat dari keadaan Seong Gi Hun, kayaknya dia nggak atur keuangan dan susah kontrol pengeluaran nih. Setiap kali dapet uang bukannya buat nabung atau investasi, dia malah langsung pakai uangnya dan main judi. Alhasil, dia jadi nggak punya tabungan dan nggak punya dana darurat. Jadi begitu dipecat tiba-tiba, dia nggak punya uang cadangan. Dari sini kita bisa liat kalo ternyata ngatur keuangan itu penting banget!


Cho Sang Woo (No. 218)

Eits, tapi jangan salah. Ternyata bukan cuma orang yang nggak punya pekerjaan kayak Seong Gi Hun yang dihantui masalah keuangan. Cho Sang Woo, teman dari Seong Gi Hun yang lulus dari universitas ternama dan punya pekerjaan yang bagus ternyata juga ikutan game ini. Cho Sang Woo punya masalah terkait investasi dan penyalahgunaan uang client yang bikin dia dikejar banyak orang. Dia bahkan jadiin rumah dan toko ibunya sebagai jaminan utang. Dari keadaan Cho Sang Woo kita bisa liat kalo dalam berinvestasi itu penting banget untuk research dan punya plan. Sikap serakah sama uang juga harus kita buang jauh-jauh, jangan sampai kita gegabah ngorbanin semuanya untuk hal yang belum pasti dan ngelakuin tindakan ilegal. Lebih baik kumpulin uang dari hasil keringat sendiri dan fokus atur keuangan pribadi!


Yuk mulai atur keuangan kamu sekarang biar nggak perlu ikutan main Squid Game!😵 Nih, Finku kasih 4 tips buat mulai atur keuangan:


1. Bikin Financial Goals

Kamu punya financial goals (tujuan keuangan) apa yang mau dicapai? Coba kamu list dan pisahin jadi jangka panjang dan pendek! Misalnya, jangka pendek mau beli Iphone 13 dan jangka panjangnya mau buat dana pensiun.

2. Catet Pengeluaran

Kamu perlu ini buat hitung jumlah pengeluaran kamu. Dari sini nanti kamu bisa bikin perhitungan, dari penghasilan kamu berapa yang dibutuhin buat pengeluaran kamu dan berapa yang bisa kamu simpen buat wujudin financial goals kamu!

3. Mulai Budgeting

Bikin batesan berapa uang maksimal yang dipakai buat kebutuhan kamu. Misalnya, metode yang biasa dipakai ada 50% untuk basic needs kamu, 30% buat pengeluaran sekunder kamu, dan 20% buat ditabung. Selain metode ini, kamu juga bisa tentuin sendiri dan bisa dibikin dalam bentuk nominal! Budgeting penting banget dibikin biar kamu nggak overspend.


Keliatan ribet ya? Tenang aja, lewat Aplikasi Finku kamu bisa atur keuangan lebih gampang lewat berbagai fitur yang disediain😉No more catet keuangan manual karena semuanya otomatis di Finku. Kamu juga bisa bikin budgeting dan dapetin performa keuangan pribadi kamu beserta info finansial lainnya. Yuk download aplikasinya sekarang!🙌

146 views0 comments

Recent Posts

See All