#FinFunTips: Investment 101



Akhir-akhir ini investasi dan trading tuh lagi rame banget nggak sih? Rasanya kayak tiap hari ada aja temen yang posting Instagram story isinya nunjukin profit yang dia dapet dari investasi. Nah, buat kalian yang mau mulai investasi juga... Finku kasih tau nih 5 hal yang harus kalian tau sebelum terjun ke dunia per-investasian!

Eits, tapi sebelum itu kalian harus tau dulu macem-macem instrumen investasi:

  • Reksa dana

  • Saham

  • Emas dan logam mulia lainnya

  • Surat obligasi

  • Properti

Masih banyak lagi sebenernya intrumen - instrument investasi, tapi 5 ini tuh yang paling terkenal di Indonesia! Nah, sekarang kan udah tau nih apa aja tipe investasi yang bisa kalian ambil, yuk dengerin wejangan investasi dari Finku 😉!


Investasi uang, Investasikan waktu



Banyak orang yang salah kaprah, buat jadi seorang investor kamu tuh nggak cuma harus nge investasiin uang kamu, tapi juga waktu kamu! Mulai dari belajar soal istilah-istilah dunia per-sahaman, analisis informasi tentang perusahaan, sampai mantengin layar komputer buat ngeliatin pergerakan saham 🥲


Jangan lupa risk diversification!

Risk diversification tuh intinya nyebar investasi kalian ke berbagai sektor dan saham biar kalau saham di sektor A nilainya turun, saham di sektor lainnya masih bisa ngimbangin! Jadi, resiko kamu diminimalisir dan nggak akan ngalamin kerugian yang besar-besaran.


Mulai dengan investasi jangka panjang

Terutama buat kalian yang baru mau terjun ke dunia investasi kadang masih suka ragu kan seberapa banyak resiko yang harus kalian ambil. Tau nggak sih kalau investasi di saham dengan jangka panjang tuh lebih aman dan stabil buat masa depan! Nah, kalau kamu masih takut buat ngambil resiko besar, investasi jangka panjang cocok banget buat kamu!


Beli waktu underpriced, jual waktu overpriced



Banyak investor pemula yang suka salah waktu bikin keputusan buy/sell saham nih! Banyak yang ngira kalau mereka harus jauh-jauh dari saham yang harganya lagi turun... Padahal, seringnya malah harganya naik lagi atau bahkan jadi lebih tinggi! Tapi tetep perhatiin aspek selain harga ya, jangan sampai beli saham cuma karena harganya lagi turun.


Blue chip dan reksa dana, sahabat yang suka aman-aman aja

Saham blue-chip tuh biasanya dari perusahaan yang terkenal berkualitas dan punya kinerja yang oke banget di bursa saham. Sedangkan reksa dana itu semacam wadah yang dipakai untuk menghimpun dana dari para investor, yang nantinya bakalan diinvestasiin oleh manajer investasi. Jadi jelas banget dong kalau 2 instrumen investasi ini cocok banget buat kalian yang nggak terlalu suka sama investasi yang riskan!


Nah, buat liat pertumbuhan investasi kamu secara gampang, pake app Finku aja!


Yuk, download app Finku sekarang!

http://finku.id


13 views0 comments

Recent Posts

See All