Search

Cara Membagi Pengeluaran dengan Pasanganmu (Couple Edition)


Photo by Deden Dicky Ramdhani from Pexels


Bagaimana membagi pengeluaran dengan pasangan adalah salah satu pertanyaan yang paling umum diajukan. Ada banyak cara berbeda untuk melakukannya, jadi kami nggak bisa ngasih tahu kamu apa yang paling cocok untuk kamu... tetapi kami bisa ngebantu kamu ngebicarain opsi-opsi tersebut sampai kamu dan pasanganmu dapetin approach yang dirasa tepat.


Berikut adalah beberapa topik dan strategi dalam membagi biaya pengeluaran.


Manfaatkan Aplikasi Keuangan untuk Ngatur Pembagian

Lewat aplikasi Finku, kamu bisa melihat pengeluaran berdasarkan kategori atau rekening bank yang kamu hubungin sama akun Finku kamu. Ditambah lagi kamu bisa dapetin insight dari pengeluaranmu, fitur manual buat tambahin tagihan bulanan, ngatur budget bulanan, dan nabung buat capai targetmu.


Untuk pasangan, kalian juga bisa login aplikasi Finku dari 2 device, biar kalian bisa mengatur finance lebih mudah tanpa harus mengkomunikasi semua pengeluaran kalian! Dengan fitur ini, kalian bisa membuat budget dan target bersama dan #MulaiWujudinMimpimu!


Setiap kali kamu buka aplikasi Finku, kamu harus memasukan PIN keamanan, yang menambahkan extra layer sekuriti untuk akun kamu. Finku juga memakai sistem keamanan data yang setara dengan bank-bank dunia dan juga terdaftar dan diawasi oleh Kominfo!


Berbagi tentang Keadaan Keuanganmu Saat Ini

Bicarain tentang berapa banyak uang yang udah masing-masing dari kalian taruh di bank dan diinvestasikan, berapa hutang yang dipunya, serta jenis polis asuransi apa yang dipunya. Lalu kalian bisa mengumpulkan semua laporan rekening pribadi, diperiksa bareng dan dicatat.


Sangat penting untuk mencatat semua uang, investasi dan hutang kalian biar bisa liat keadaan keuangan. Finku mengizinkan kalian lebih mudah untuk melihat total aset dan hutang kalian.



Menjadi Satu Tim

Setiap orang punya approach terhadap uang yang berbeda-beda. Setiap kali dua orang memutuskan untuk gabungin keuangan mereka untuk pertama kalinya, akan ada titik di mana approach nggak sejalan.


Inti dari menjadi satu tim adalah untuk memahami satu sama lain untuk membuat pilihan keuangan yang nggak ngerugiin satu sama lain. Beberapa hal yang harus banget dibicarain:

  1. Apa tujuan jangka pendekmu, bersama-sama, dan terpisah?

  2. Manakah dari pengeluaranmu yang sebenarnya bakalan kamu bagi, dan apa yang masuk akal untuk dibelanjakan bila dibagi?

  3. Bagaimana kamu bakal mutusin bersama untuk pembelian dengan jumlah besar?

  4. Jenis pembelian apa yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan?


Bagi Pengeluaran Bersama

Ingat bahwa tujuan awal bukanlah untuk menyetujui setiap prioritas. Tetapi lebih kepada menemukan metode untuk memisahkan tagihan yang nggak bikin siapapun ngerasa bersalah karena ngabisin uang, atau seolah-olah mereka harus ijin dulu.


Kalian bisa bagi semuanya 50-50. Tapi kalau gaji kalian nggak mendekati sama, bisa jadi satu orang bakalan naruh semua gaji buat bayar tagihan bersama, sementara yang satunya bakalan pake gajinya buat dibelanjain.


Kalian juga bisa naruh 100% dari gaji kalian berdua di rekening bersama, akan tetapi, kekurangan dari metode ini adalah pasangan bisa melihat semua yang kamu beli dan ngga bakal ada tuh namanya hadiah kejutan. Udah gitu, pasangan kamu bakal punya akses ke semua yang kamu miliki. Hal ini bisa berbahaya bila ada hal-hal yang ngga diinginkan terjadi, misalnya putus hubungan.







24 views0 comments

Recent Posts

See All

Yuk, kita hindari keterlambatan pembayaran tagihan

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut biar ga telat bayar tagihan: Bayar auto debit: mendaftarkan kartu debit tagihan kita di bank tempat kita menabung atau di bank dimana kita mempunyai kartu kredit Bu