Search

Berapa Banyak Rekening Bank yang Harus Kamu Punya?

Updated: Jun 1


berapa banyak rekening bank
Source: pexels.com

Kamu lagi ada di proses buat ngatur keuangan, tapi kamu sering nanya sama diri sendiri, “berapa banyak, sih, rekening bank yang harusnya aku punya?”. Nah, ini bukan pertanyaan yang nggak biasa, tapi juga bukan pertanyaan yang sepele.


Banyak orang yang berargumen kalau jumlah rekening di bank yang kamu punya jadi salah satu dari banyak kunci di balik organisasi finansial dan kesuksesan. Tapi, sebenernya punya terlalu banyak rekening tanpa organisasi bisa bikin bingung dan bahkan ngerugiin kamu.


Ngeorganisir rekening bank bakalan ngebantu kamu buat keluar dari siklus gali lubang tutup lubang, bayar hutang lebih cepet, dan ngecapai tujuan keuangan kamu.


Mau tau gimana punya beberapa rekening bank bisa ngebantu kamu ngecapai tujuan-tujuanmu? Yuk, simak ulasan berikut.


Selarasin Rekening Bank dengan Tujuanmu

Cara paling gampang buat ngeorganisir rekening bankmu adalah dengan ngaitin setiap rekening bank sama tujuan finansialmu. Biasanya dan buat mayoritas orang, gaji masuk ke rekening giro/koran. Dari situ, biasanya uangnya dipake buat berbagai tujuan, misalnya bayar sewa rumah, bahan makanan, uang bensin, atau bayar cicilan mobil. Selain rekening giro, biasanya orang-orang punya rekening tabungan buat tujuan tabungan mereka.


Tipe Rekening Bank yang Harus Kamu Pertimbangin

Rekening Giro/Koran

Rekening giro ngasih kamu akses paling cepet dan mudah ke uang tunai kamu dan biasanya digunain buat bayar tagihan dan transaksi keuangan sehari-hari. Beda sama rekening tabungan yang punya limit, rekening giro ngasih kamu kemudahan buat ngelakuin transaksi semau kamu. Cek beberapa bank yang ngasih opsi terbaik buat saldo minimum dan biaya layanan bulanan. Terus, sesuaiin deh sama kebutuhan kamu.


Rekening Tabungan

Rekening tabungan biasanya ngasih kamu kemudahan buat naruh uang di rekening, dapetin sedikit bunga, dan narik uang waktu kamu perluin. Walaupun harus diinget kalau rekening tabungan punya limit buat jumlah penarikan yang bisa kamu ambil. Ada beberapa contoh rekening yang bisa dikaitin sama tujuan tabungan kamu:

  1. Rekening tabungan dana darurat

  2. Rekening tabungan pembayaran uang muka rumah

  3. Rekening tabungan buat tujuan jangka pendek, contohnya: liburan, atau pernikahan

Netapin rekening tabungan buat setiap tujuan ngebantu kamu buat ngelacak kemajuan kamu dengan mudah dan bantu ngejaga kejelasan dari tujuan dana tersebut. Selain itu, rekening tabungan punya manfaat berupa bunga. Walaupun jumlahnya nggak begitu besar, jangan sampe kamu kelewatan keuntungannya ya!


Rekening Investasi Pensiun

Rekening investasi punya berbagai macam opsi dan kalian harus timbangin dengan cermat waktu milih rekeningnya. Tujuan utama dari rekening investasi pensiun adalah ngebantu kamu buat capai tujuan pensiun atau tujuan jangka panjang.


Rekening Investasi Non-Pensiun

Kalau kamu udah nyiapin dana buat rekening pensiun dan masih punya uang ekstra, rekening investasi non-pensiun bisa jadi pilihan bagus buat dipertimbangin. Jenis rekening ini bisa banget diatur sama pialang atau broker.


Rekening Tabungan Kuliah/Kustodian

Kalau kamu punya anak, rekening tabungan kuliah atau kustodian cocok banget buat ngebantu nabung buat pendidikan mereka. Rekening berlaku buat biaya pendidikan dari sekolah dasar sampe perguruan tinggi. Waktu anak udah di perguruan tinggi, dananya bisa banget dipake buat bayar buku, uang sekolah, tempat tinggal, makanan, dan perlengkapan sekolah mereka.


Perlukah Kamu Punya Beberapa Rekening di Bank Berbeda?

Jawabannya tergantung. Punya beberapa rekening di satu bank jelas jadi cara yang sederhana buat ngetransfer dana antar rekening lebih cepat dan bikin lebih gampang buat ngelihat semua informasi kamu di satu tempat. Di sisi lain, punya rekening di bank yang berbeda bisa berguna banget buat beberapa situasi. Misalnya, kamu udah menikah dan punya rekening bersama, nyimpan uang di bank yang berbeda dari rekening pribadi kamu bisa ngebantu banget.


Jadi, gimana, udah tahu harus ngapain?


12 views0 comments

Recent Posts

See All

Yuk, kita hindari keterlambatan pembayaran tagihan

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut biar ga telat bayar tagihan: Bayar auto debit: mendaftarkan kartu debit tagihan kita di bank tempat kita menabung atau di bank dimana kita mempunyai kartu kredit Bu