Belajar dari Raditya Dika dan Anissa Aziza, Ini Dia Manfaat Catat Keuangan!



Kamu tau nggak? Awal tahun 2021, Raditya Dika dan istrinya, Anissa Aziza sempet ngomongin tentang pelajaran finansial yang mereka dapetin pada tahun 2020 lho di Podcast Raditya Dika (PORD)! Topik yang mereka bahas tuh seputar investasi dan ngatur keuangan keluarga sebagai suami istri, salah satunya dengan mencatat keuangan tiap bulan lewat Notepad dan catatan Excel. Kira-kira apa ya yang mereka dapetin dengan rajin mencatat keuangan?🤔


1. Bisa liat pengeluaran berkurang atau tambah banyak

Di awal pandemi, Raditya Dika dan Anissa Aziza mengira pengeluaran jadi lebih dikit karena di rumah aja. Berkat kebiasaan catat keuangan secara rutin, mereka jadi bisa bandingin pengeluaran sebelum pandemi dan saat pandemi. Ternyata, justru pengeluaran mereka lebih banyak saat pandemi😱 Wah, untung ketauan ya!


2. Jadi tau pengeluaran membengkak dimana

Setelah tau pengeluaran bertambah, mereka cari tau lewat catatan keuangannya kira-kira apa yang bikin jadi membengkak. Ternyata pengeluaran mereka membengkak di makanan dan kebutuhan anak. Situasi pandemi yang membuat mereka belanja serba online akhirnya juga membuat pengeluaran membengkak di ongkos kirim. Dari situ mereka jadi lebih hati-hati dan kontrol pengeluaran di tiga hal itu.


3. Lebih gampang kelola keuangan

Raditya Dika bilang, "catat keuangan itu penting banget dilakuin karena bikin kita jadi gampang buat kelola keuangan. Kita jadi tau tentang apa yang mau kita kelola.". Raditya Dika dan Anissa Aziza juga ngomongin kalo kita catat keuangan jadi tau punya uang berapa dan pengeluarannya berapa. Setelah tau dua poin itu, kita jadi lebih gampang untuk mengelola dan bikin rencana keuangan.


4. Evaluasi keuangan dipermudah

Manfaat mencatat pengeluaran yang paling terasa bagi Raditya Dika dan Anissa Aziza, mereka jadi lebih gampang untuk menghitung dana pensiun yang dibutuhkan. Dengan adanya catatan keuangan, mereka juga jadi lebih gampang untuk cek kondisi finansial, performa beserta pertumbuhannya, dan gimana cara memperbaiki kebiasaan finansial supaya keuangan bisa terus bertumbuh.


Gimana? Sekarang kamu jadi taukan kalo mencatat keuangan itu punya banyak manfaat?😉 Liat cerita Raditya Dika dan Anissa Aziza kayaknya keliatan repot ya harus catat dan hitung semuanya manual lewat Excel atau Notepad. Eits, tenang aja! Kamu nggak perlu manual lagi kayak gitu. Kamu bisa catat keuangan secara otomatis dengan hubungin akun finansial kamu di aplikasi Finku. Nggak cuma itu, kamu juga bakal dapet ringkasan performa keuangan tiap akhir bulan beserta saran finansial buat ngembangin keuangan kamu! Finku juga bakal kasih info promo dan info finansial lainnya yang udah dipersonalisasi sesuai keadaan finansial kamu. Tunggu apalagi, yuk buruan download aplikasi Finku!🙌

32 views0 comments

Recent Posts

See All