Akhir tahun anti bokek!

Wah, nggak kerasa ya kita udah semakin dekat sama akhir tahun! Gimana nih tahun 2021-nya kalian? Udah siap belum buat membuka halaman baru di tahun 2022?


Pengennya sih tahun 2022 kita semua bisa punya keadaan ekonomi yang lebih mantap lagi ya! Tapi, kadang-kadang suka bingung nggak sih dengan saldo di rekening yang walaupun setelah gajian nominalnya masih segitu-segitu aja?


Pasti banyak banget deh orang yang relate dengan masalah di atas, apalagi sekarang segalanya serba mahal 😭. Eits, tapi nggak perlu khawatir lagi, simak deh 4 cara mengatur keuangan pribadi saat jumlahnya minim atau gaji kecil!


Bikin skala prioritas


Mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan, pakainan, dan uang sewa sampai ke kebutuhan tersier seperti Airpods baru, semuanya harus ditulis secara rinci supaya proses mengatur budget lebih akurat. Tapi, terkadang udah bikin list tetep aja masih overbudget...

Nah, coba deh atur *list-*nya berdasarkan benchmark tertentu, misalnya dari yang paling butuh ke yang paling nggak butuh atau dari yang paling urgent ke yang paling nggak urgent! Dari list ini, kamu bisa lihat jelas mana pengeluaran yang harus banget kamu keluarin dan mana yang sebenarnya bisa dihemat 😉


Masak dan bikin kopi sendiri!


Ini terdengar simple, tapi kalian tau nggak? Ternyata kita bisa menghemat pengeluaran sampai 40% hanya dengan masak dan bikin kopi sendiri di rumah lho!

Bayangin deh kalau misalnya setiap hari kalian makan di luar, terus juga kalau lapar mata dan beli cemilan lewat Go-food 🥲. Ditambah lagi beli kopi di kedai kopi kesayangan tiap pagi gara-gara you need coffee to function.... Hadeuh dompet jebol deh!


Self-control kuncinya 🔑


Di akhir tahun kiri-kanan ku lihat saja banyak diskon gede-gedean 😭

Nah, kalau lagi tanggal-tanggal rawan overspending gini, penting banget buat menahan diri! Ingat-ingat lagi daftar skala prioritas yang kamu bikin di awal tadi dan beli barang yang memang diperluin aja!

Tips khusus nih biar kamu nggak lagi belanja secara impulsif, kalau kamu pengen sama 1 barang coba deh tunggu selama 24 jam. Kalau setelah 24 jam ternyata kamu udah nggak kepikiran lagi, berarti itu cuma keinginan sesaat aja!


Nabung dulu baru uangnya dipake!


Ini nih yang orang sering salah kaprah, pendapatan kalian harusnya ditabung dulu, baru sisanya dipakai! Bukan dipakai dulu baru sisanya ditabung 🥲...

Kalau kalian bingung berapa jumlah yang harus kalian tabung, coba deh ikutin aturan 50/30/20, dimana 50% dari pendapatan tuh untuk keperluan pokok, 30% untuk segala keinginanmu yang bermacam-macam, dan 20% dari pendapatan kamu wajib ditabung!



Nah, supaya atur keuangannya nggak ribet, sini Finku bantuin 😉

Download aplikasi Finku sekarang ya!

22 views0 comments

Recent Posts

See All