Search

8 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan. Manakah Tipemu?

Updated: Jun 1


kepribadian dalam mengelola keuangan
Source: pexels.com

Ada banyak banget penelitian yang mengeksplorasi hubungan antara uang dan emosi, arketipe keuangan, dan psikologi uang. Money Coaching Institute udah ngerangkum 8 arketipe atau tipe kepribadian dalam mengelola keuangan. Yuk simak beberapa tipe kepribadian berikut:


Si Tidak Bersalah (The Innocent)

Si tidak bersalah biasanya hidup dalam bantahan, seolah-olah mengubur kepala di dalam pasir biar mereka nggak ngeliat apa yang terjadi di kehidupan mereka. Biasanya tipe ini gampang overwhelmed dari informasi finansial yang ada dan bergantung banget sama saran dan opini orang lain.


Si Korban (The Victim)

Si korban akan cenderung hidup di masa lalu dan nyalahin kesulitan keuangan mereka sama faktor eksternal. Si korban biasanya punya banyak alasan kenapa mereka nggak berhasil dan semuanya berdasarkan sama mitologi sejarah mereka. Sering banget si korban ini jadi korban yang akhirnya menderita kerugian besar. Masalahnya adalah mereka selalu nunggu orang buat nyelametin mereka karena mereka ngerasa kalau mereka udah cukup menderita dan ngerasa kalau mereka berhak atas sesuatu.


Si Pejuang (The Warrior)

Si pejuang bertekad besar buat naklukin dunia uang dan secara umum dianggap sukses di dunia bisnis dan keuangan. Si pejuang adalah investor yang mahir, fokus, tegas, dan pegang kendali. Walaupun si pejuang tetep bakalan denger apa yang penasehat keuangan mereka bilang, mereka bikin keputusan mereka sendiri dan ngandelin naluri dan sumber daya mereka sendiri buat ngebimbing mereka.


Si Sahid (The Martyr)

Si sahid bakalan sibuk banget ngurusin kebutuhan orang lain di mana mereka sering banget ngabaiin kebutuhan mereka sendiri. Bicara soal finansial, si sahid secara umum bakalan ngelakuin lebih buat orang lain daripada mereka buat diri mereka sendiri. Biasanya, si sahid bakalan nyelametin orang lain dari keadaan tertentu.


Si Orang Bodoh (The Fool)

Pada dasarnya, si orang bodoh adalah penjudi yang suka nyari rejeki nomplok dengan ngambil jalan pintas. Kadang-kadang si orang bodoh menang karena mereka punya kemauan buat ngelempar dadu dan ngambil resiko. Si orang bodoh cenderung buat hidup di masa sekarang dan kurang terikat sama masa depan. Kebanyakan yang dikejar sama si orang bodoh adalah kesenangan sesaat waktu melakukan sesuatu.


Si Artis (The Artist)

Si artis sering ngerasa sulit buat hidup di dunia yang penuh dengan materialisme dan sering banget punya hubungan cinta dan benci yang bertentangan sama uang. Mereka suka uang karena kebebasan buat ngebeli apapun tapi punya sedikit bahkan sama sekali nggak ada keinginan buat berpartisipasi dalam dunia materialisme.


Si Tirani (The Tyrant)

Si Tirani bakalan ngegunain uang buat ngontrol orang, acara, dan keadaan. Mereka bakal nimbun uang, terus ngegunain buat memanipulasi orang lain. Walaupun mereka mungkin udah punya apa yang mereka butuh dan mau, mereka nggak pernah ngerasa cukup, nyaman, atau tenang. Si tirani di jaman sekarang adalah politisi, pebisnis, atau pentolan keluarga yang bakalan pake cara apapun buat menang dengan segala cara.


Si Tukang Sulap (The Magician)

Si tukang sulap sepenuhnya sadar akan dirinya dan dunia di sekitarnya. Si tukang sulap dipersenjatai sama pengetahuan masa lalu, udah berdamai sama sejarah pribadinya, dan memahami kalau sumber kekuatan ada di dalam kemampuannya buat ngelihat dan ngejalanin kebenaran tentang siapa dirinya.


Gimana, udah tahu tipe kepribadian manakah kamu? Share sama temen kamu juga, yuk, biar mereka bisa tahu tipe kepribadian mereka!


16 views0 comments

Recent Posts

See All

Yuk, kita hindari keterlambatan pembayaran tagihan

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut biar ga telat bayar tagihan: Bayar auto debit: mendaftarkan kartu debit tagihan kita di bank tempat kita menabung atau di bank dimana kita mempunyai kartu kredit Bu