Search

10 CARA AGAR KAMU BISA SEGERA MENCAPAI KEBEBASAN FINANSIAL

Udah seberapa sering kamu mendengar atau membaca artikel seputar kebebasan finansial? Tahu nggak, sekarang kebebasan finansial udah menjadi impian dari setiap orang, lho! Hm, kenapa bisa gitu, ya?


bebas finansial
Source: pexels.com

KEBEBASAN FINANSIAL ITU, APA SIH?


Sebenarnya, nggak ada pengertian kebebasan finansial yang baku atau mutlak. Setiap orang memiliki definisi yang berbeda-beda tentang kebebasan finansial karena hanya yang bersangkutan yang paling mengetahui tentang kondisi dan kesanggupan finansialnya. Tetapi secara umum, kebebasan finansial dapat diartikan sebagai kondisi dimana seseorang sudah terbebas dari beban finansial. Hal ini biasanya ditandai dengan kecukupan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup (sampai gaya hidup), memiliki tabungan, investasi, dan dana darurat sehingga siap menghadapi keadaan apapun. Seseorang yang memiliki kebebasan finansial akan mudah mengambil keputusan finansial tanpa perlu merasa stres atau tertekan. Bahkan, nggak perlu memusingkan pengeluaran atau tanggungan lagi, lho!


Nah, kamu bisa mulai dari 10 cara berikut agar bisa segera mencapai kebebasan finansialmu!



1. TENTUKAN TUJUAN HIDUPMU

bebas finansial
Source: pexels.com

Sebelum kamu mencapai kebebasan finansial, sebaiknya kamu sudah memiliki tujuan hidup terlebih dahulu. Misalnya, pada umur 30 kamu ingin punya mobil pribadi, pada umur 40 kamu ingin punya apartemen pribadi, pada umur 50 kamu ingin naik haji bersama keluarga, pada umur 60 kamu ingin punya yayasan pribadi, atau lainnya. Menentukan tujuan yang akan kamu capai merupakan hal penting agar kamu bisa menentukan prioritas dan langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut.



2. PERHATIKAN KONDISI FINANSIAL KAMU

bebas finansial
Source: unsplash.com

Kamu adalah satu-satunya orang yang paling tahu bagaimana kondisimu. Kenali kondisi finansial kamu saat ini agar kamu tahu sudah sejauh apa kemampuan finansialmu. Apakah kamu sudah mampu menghidupi kebutuhan pribadi sehari-hari atau justru masih memiliki banyak tanggungan? Kalau ternyata kondisi finansialmu belum baik, maka kamu harus memprioritaskan hal ini terlebih dahulu. Mulailah untuk mengelola keuanganmu dengan mengatur arus kas masuk dan keluar uang kamu, ya.



3. LUNASI HUTANG DAN CICILAN KREDIT

finansial
Source: pexels.com

Zaman sekarang emang susah lepas dari cicilan hutang dan kredit, tapi bukan berarti nggak bisa, lho. Setelah arus kas masuk dan keluar uang kamu sudah baik, selanjutnya mulailah untuk melunasi segala bentuk cicilan dan hutang kredit kamu. Dengan cicilan dan hutang yang lunas, beban pikiran dan stres kamu pun akan berkurang.



4. MULAI MENABUNG

kebebasan finansial
Source: pexels.com

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menabung. Kalau kamu menabung di bank, mulailah memisahkan rekening sehari-hari dan rekening tabunganmu agar uang yang kamu tabung nggak gampang ke ambil. Menabung nggak harus dalam jumlah besar, lho. Kamu juga bisa memasukkan uang kembalian belanja atau kembalian transportasi ke dalam celengan. Setelah celengannya penuh, kamu bisa memindahkannya ke dalam rekeningmu! Eits, jangan malah dibelanjakan ya.



5. MENYIAPKAN DANA DARURAT

kebebasan finansial
Source: pexels.com

Dana darurat adalah dana yang digunakan untuk keperluan genting dan mendesak. Misalnya, ketika kamu atau keluarga mengalami sakit, kecelakaan, bahkan di PHK. Dana darurat ini penting untuk disiapkan agar kamu aman dalam masa-masa genting tersebut. Idealnya besar dana darurat adalah sebanyak 6 kali pengeluaran kamu dalam sebulan. Kamu bisa simpan dana daruratmu dimana aja asal saat dibutuhkan, mudah untuk mengambilnya. Misalnya di bank, dijadikan tabungan emas, di deposit, dan lain sebagainya.



6. MULAI BERINVESTASI

bebas finansial
Source: unsplash.com

Nah, kalau 5 hal di atas sudah kamu lakuin. Sekarang nggak ada salahnya buat kamu melek dengan investasi. Investasi nggak melulu tentang saham, lho. Kamu bisa berinvestasi di produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, misalnya emas, saham, uang kripto, reksadana, dan lain sebagainya. Hasil dari investasimu nantinya dapat kamu gunakan untuk kebutuhan di hari tua (pensiun), maupun kebutuhan tertentu lainnya.



7. MENCARI PENDAPATAN PASIF

kebebasan finansial
Source: pexels.com

Pendapatan pasif merupakan penghasilan yang kamu dapatkan tidak secara langsung atau dengan melakukan aktifitas minim. Beberapa contoh pasif income diantaranya adalah memonetisasi akun youtube sehingga kamu akan terus mendapatkan penghasilan selama video kamu di tonton oleh orang lain, memasang iklan di blog, berinvestasi, menyewakan kamar kos, jualan online, menjual karya digital, dan lain sebagainya. Penting bagi kamu untuk mulai mencari pasif income agar penghasilan kamu tidak hanya bergantung dari pekerjaan utamamu.



8. GAYA HIDUP YANG BAIK

bebas finansial
Source: pexels.com

Kebebasan finansial nggak akan bisa terwujud jika nggak kamu barengi dengan kebiasaan yang baik. Mulailah mengklasifikasikan mana yang termasuk ke dalam kebutuhan dan mana yang termasuk ke dalam keinginanmu agar pengeluaran-pengeluaran tidak terduga bisa diminimalisir. Gunakanlah uangmu dengan bijak.



9. JAGA KESEHATAN

kebebasan finansial
Source: pexels.com

Kesehatan merupakan hal yang penting dan amat mahal bayarannya. Boleh-boleh saja kamu terus bekerja asalkan jangan sampai mengesampingkan urusan kesehatanmu. Kamu nggak mau kalau penghasilan yang kamu dapatkan dengan bekerja siang-malam justru habis untuk membayar biaya pengobatanmu, bukan? Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup di sela-sela kesibukan kerjamu, yah.



10. MEMBUAT STRATEGI

financial freedom
Source: pexels.com

Setelah kamu menjalankan langkah-langkah di atas, selanjutnya adalah membuat strategi. Mulailah merancang misi-misimu dalam mencapai kebebasan finansial. Buatlah strategi keuangan untuk jangka pendek dan jangka panjangmu, lalu evaluasilah secara berkala. Dengan strategi yang tepat dan baik, kebebasan finansialmu akan mudah untuk digapai!


Nah, udah nggak ada waktu buat bingung-bingung dan pusing lagi! Kamu bisa mulai wujudin kebebasan finansial kamu dengan mulai mengikuti cara-cara di atas.


Sudah sampai langkah berapa nih kamu saat ini?


Baca juga: Sudahkah Kita Mengelola Keuangan dengan Baik? Berikut Tips Mengetahuinya!

36 views0 comments

Recent Posts

See All

Yuk, kita hindari keterlambatan pembayaran tagihan

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut biar ga telat bayar tagihan: Bayar auto debit: mendaftarkan kartu debit tagihan kita di bank tempat kita menabung atau di bank dimana kita mempunyai kartu kredit Bu